Skip to main content

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia

Miris sekali rasanya melihat masyarakat Indonesia kini yang kurang menghargai perbedaan. Banyak sekali orang - orang yang mudah terprovokasi hingga terpecah hanya karena berita hoax (belum pasti kebenarannya). Aku rindu dengan Indonesia yang damai dan nyaman seperti dulu.

"Nama Indonesia itu mempunyai arti beragam, masyarakat dulu lebih menerima pluralisme terlihat dari perdamaian antar agama dan ras yang menghasilkan keanekaragaman agama dan budaya yang kita kenal sampai saat ini. Jika dibandingkan dengan masyarakat kini yang dengan mudahnya terprovokasi hingga terpecah hanya karena hoax, sungguh tidak merepresentasikan Indonesia yang sesungguhnya. Padahal Pancasila yang merupakan dasar negara kita secara jelas menyatakan 'Persatuan Indonesia' pada sila ketiga, maka kita semua terutama generasi muda Indonesia harus belajar dari masa lalu," ujar Remy Sylado.

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia
Aristo Kristandyo, Remy Sylado dan moderator

Dalam kampanye "Aku BerIndonesia" pada hari rabu (31/5) di Gedung Arsip Nasional - Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Teh Javana   (WINGSFOOD) untuk menyambut Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 juni di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan menghadirkan Remy Sylado yang mempunyai nama asli Yapi Panda Abdiel Tambayong seorang sejarawan dan budayawan senior Indonesia.

Beliau menceritakan sejarah Bhinneka Tunggal Ika, sejarah masuknya Laksamana Cheng Ho yang membawa agama Islam masuk ke Indonesia hingga hilangnya kerukunan bangsa Indonesia. Remy pun mengatakan bahwa dirinya terbilang minoritas karena terlahir di sebuah kota kecil yaitu Minahasa.

Seharusnya tak ada lagi dikotomi mayoritas - minoritas, pribumi - non pribumi. "Karena tak ada dari moyang kita yang betul - betul pribumi, hampir semuanya adalah imigran", tambah Remy.

Mengingat di masa kini dengan mudahnya membenci orang yang berbeda pendapat dan cara pandang dengan mengatakan kafir kepada orang lain menjadikan cara untuk merendahkan dan menghina saudara kita sendiri. Semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada keributan, asalkan masing - masing pihak bisa legowo menerima keputusan dan saling memaafkan. Sehingga persatuan di negri ini tetap terjaga.

Sebaiknya kita bangga dengan Bahasa Indonesia karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan berbagai macam suku dan bahasa yang berbeda dapat di satukan dengan Bahasa Indonesia. Keprihatinan di utarakan oleh Remy Sylado, karena banyaknya orang Indonesia terutama dikalangan muda yang lebih bangga menggunakan bahasa asing untuk berkomunikasi sehari - hari.

Sebagai Kepala Pemasaran Wings Food, Aristo Kristandyo menjelaskan diadakannya acara Aku BerIndonesia sebagai bentuk kepedulian akan menurunnya semangat keIndoneisaan kita terutama dikalangan generasi muda. Dan mengajak masyarakat untuk menunjukkan keIndonesiaannya dalam bentuk nyata melalui 3 pilar utama, yaitu
  1. Aku Berbicara Indonesia yang menampilkan Indonesia dalam cara bertutur dan penyampaian pemikiran.
  2. Aku Bersikap Indonesia yang mencerminkan Indonesia dalam bertingkah laku Indonesia kepada sesama, jujur, ramah dan melestarikan nilai budaya.
  3. Aku Bernilai Indonesia yang mengajak kita untuk menjaga nilai - nilai keIndonesiaan kita seperti kerukunan berbangsa, beragama, toleransi dan menjunjung tinggi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
Agar seluruh masyarakat terlebih lagi generasi muda selalu ingat untuk menunjukan identitas mereka akan nilai luhur Indonesia yang sebenarnya dan tercermin dalam tindakan nyata dalam kehidupan sehari - hari. Banyaknya perubahan bicara, sikap dan nilai bangsa Indonesia antara dulu dan sekarang.

"Perubahan itu baik dan harus ada, namun ada baiknya masih berpegang pada nilai terdahulu yang baik dan masih bisa di terapkan saat ini. Setelah belajar dari kejadian di masa lalu saatnya kita membuka mata dan memperbaiki diri dimasa kini,"ujar Aristo.

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia
Tarian Daerah 

Sebagai penutup diskusi ini, semua yang hadir menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Dan aku pun dihibur dengan tari - tarian dan lagu - lagu daerah. Tarian yang di tampilkan berasal dari suku Betawi, Dayak dan Papua ini menghipnotisku. Mengajak aku untuk mengingat masa sekolahku dulu. Dimana aku suka sekali dengan lagu - lagu dan tarian daerah di Indonesia.

Ayo galang persatuan Indonesia. Jangan mudah terpecah belah, ingat semboyan negara kita "Bhinneka Tunggal Ika" berbeda - beda tetap satu jua. Buang perbedaan, karena aku cinta IndonesiaKu.

Ayo Galang Persatuan dengan Aku BerIndonesia
Aku BerIndonesia

"Tidak ada yang tidak berharga dari pelajaran masa lalu, melestarikan masa silam merupakan bagian dari proses untuk kita menuju hal baru yang lebih baik. Mari generasi muda tanpa menunda lagi, namun sekarang di momen kelahiran Pancasila ini kita bersama bertindak nyata bernilai Indonesia. Aku BerIndonesia!" ajak Remy Sylado.

- Leha Barqa -

Comments

  1. Woww ada Pak Remiii.... Hitsss...

    Pancasila itu maknanya kuat emang... G bs sembarangan.... Hihi. Jadi inget status temen di efbek. Ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti woww kl ada om remi, nah iya lagi marak ya nyetatus ttg Pancasila...

      Delete
  2. Ini kekinian banget ya. Isu Pancasila dan keindonesiaan. Saya kudu belajar lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat belajar ya kakak, aku juga musti banyak belajar lagi ttg Pancasila....

      Delete
  3. Aku juga udah ikut kampanye nya loh pas hari pancasila hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini baru nama'y AKU INDONESIA AKU PANCASILA... lope lope ma kakakkkk

      Delete
  4. Saya Indonesia, Saya Pancasila !!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu

Haiii ladies 😍 sekarang ini peredaran produk palsu semakin marak lho, kalian harus lebih waspada ya. Jadi beberapa waktu lalu, emak order Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink di salah satu e-commerce. Namun, ketika Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang di order tiba ternyata itu palsu.  Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink No. 370 OVERSEER Kok bisa tau kalau itu barang palsu? Ya tau dong, karena sebelumnya emak sudah koleksi Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink no. 370 OVERSEER. Nah, kali ini emak akan sharing tentang perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink antara yang asli dan yang palsu ya ladies. Baca juga :  Review Scarlett Glowtening Serum, Serum Yang Bikin Wajah Lebih Cerah Emak bahas satu-persatu dimulai dari packagingnya terlebih dulu, ya.  Perbedaan Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink Asli - Palsu   Packaging   Dari ukuran packagingnya, Lip Cream Maybelline Superstay Matte Ink yang asli dan palsu terlihat jelas perbedaannya. Lip

Prabowo - Gibran Memiliki 5 Cara Agar Tercipta Pemilu Damai

Jelang pemilu dan pilpres 2024, suasana damai dan kondusif sangat diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa Indonesia. Pasangan calon (paslon) dengan nomor urut dua, Prabowo - Gibran berkomitmen penuh (all-in) untuk melaksanakan pemilu dengan riang gembira. Dan ini merupakan prinsip yang ditanamkan Prabowo, agar  pemilu damai dapat terwujud dan benar - benar menjadi pesta demokrasi rakyat.  Paslon nomor urut ✌ (dok. Ig bolonemase_indonesia)  Istilah Gemoy yang kini sering dilontarkan untuk capres nomor urut dua ini, semacam pertanda jika masyarakat menyukai kampanye yang lucu, riang serta penuh gagasan. Seperti halnya sebuah pesta, pesta demokrasi pun harus menggembirakan tanpa perlu menjelekkan apalagi menggunakan berita bohong atau hoaks. Baca juga :  Selain Pemimpin Yang Tulus, Ada 3 Faktor Yang Menjadi Daya Tarik Politik Prabowo Subianto Selain itu, data statistik juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pemilih  usia produktif di atas 50 persen pada pemilu dan pilpre

Ayo ke Transera Waterpark Bekasi

Weekend ini aku mengajak keluarga untuk berekreasi ke Transera Waterpark Bekasi. Transera Waterpark adalah wahana rekreasi perpaduan waterpark dan drypark yang mengusung tema benua Afrika dengan suasana Timbuktu. Tetapi karena 90persen lokasinya kini sudah tumbuh pepohonan maka arena ini terasa nyaman. (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Lokasinya berada di dalam area perumahan Kota Harapan Indah - Bekasi. Untuk kalian yang tinggal di luar Bekasi, akses menuju ke Transera Waterpark  bisa keluar melalui pintu Tol Cakung Barat atau pintu Tol Bekasi Barat. Untuk angkutan umum bisa dengan kereta commuterline jurusan Bekasi dan berhenti di stasiun Kranji dilanjut dengan ojek online. Atau dengan bus transjakarta turun di halte busway Harapan Indah dilanjutkan dengan shuttle bus yang telah di sediakan Transera Waterpark. Baca juga :  Royal Tulip Hotel Gunung Geulis Surganya Puncak TTM (dok. IG @transerawaterpark.bekasi) Di Transera Waterpark ini mengunakan sistem teknolog