Minggu, 14 Mei 2017

Banyak Manfaat Yang Di Dapat Dalam Acara "The Power Of Content"


Assalamualaikum,

Hai teman - teman, hari ini (13/5/17) saya senang sekali bisa hadir di acara Indonesian Female Bloggers. Dapat teman baru dan bisa bersilaturahmi dengan para blogger senior. Acara yang diselenggarakan di Kanawa Coffie & Munch - Jakarta ini, mengusung tema "The Power Of Content" dengan pemateri Ani Berta (Teh Ani).

Semangatnya saya hadir di acara ini karena mendapatkan ilmu yang berharga sekali. "Bagaimana konten kita menjadi lebih baik. Karena dengan konten blog yang bagus, Insya Allah job review akan banyak yang hinggap."

Ani Berta mungkin teman - teman bertanya - tanya, siapa beliau?
Beliau adalah profesional bloggers, di dunia perbloggeran. Teh Ani sudahlah terkenal seantero jagat dalam dan luar negeri. Dengan banyak pengalaman dan segudang prestasi.

Selain Teh Ani di acara ini juga ada sharing dari Emanuella "Ella" Christianti (nyonyamalas.com) dan Amanda Anandita (tipscantikmanda.com).
Acara dibuka dengan ramah tamah dari Yonna Kairupan (MaYo) beliau adalah founder Indonesian Female Bloggers, beauty blogger dan youtubers. MaYo bisa mengerjakan pekerjaannya secara profesional dan perannya sebagai seorang ibu dari 4 anak.

MaYo (beauty bloggers)

Emanuella Christianti biasa dikenal dengan nyonyamalas.com ini sharing tentang awal mula beliau menulis hingga selalu menang dalam lomba blog. Lomba penulisan jantung sehat yang beliau menangkan mengambil sumber perbandingan antara ayah mertuanya dan ayah kandungnya sendiri. Menjadi motivasi teman - teman kantornya sehingga mereka rajin untuk berolahraga.
Hadiah yang beliau dapatkan dari lomba penulisan jantung sehat, alhamdulillah bisa untuk persalinan anak pertamanya.

Ella (nyonyamalas.com)

Amanda Anandita beliau seorang dokter kecantikan dan beauty blogger. Banyak orang mengenal beliau dengan tipscantikmanda.com. Dr. Amanda sharing banyaknya page view yang mampir di artikelnya. Menulis tentang review kosmetik dari harga di bawah Rp. 100.000 sampai harga di atasnya.

Membuat Dr. Amanda memahami target market di masyarakat luas. Hingga suatu hari beliau menulis dengan tema diluar kosmetik yang membuat page viewnya menurun dratis.

Dr. Amanda (tipscantikmanda.com)

Teh Ani sebagai single parent dengan satu anak gadis, beliau dapat menyekolahkan  anaknya di sekolah islam terbaik di dunia yaitu Al - Azhar dan dapat melunasi cicilan rumahnya 9 tahun berkat prestasi yang beliau capai di dunia perbloggeran. Beliau lulusan Akuntasi tetapi sejak kecil Teh Ani hobi menulis, dari hobi itu membuat beliau menjadi penulis yang handal. Sebelum terjun kedunia perbloggeran Teh Ani bekerja dibalik meja (kantor).

Pada tahun 2008 dengan bekerja di kantor Teh Ani menyambi dengan menulis di blog. Si teteh satu ini juga telah melahirkan 4 blog. Akhirnya pada tahun 2013 beliau resign dari pekerjaan kantoran dan memfokuskan dalam dunia menulis.

Job pertama yang Teh Ani dapatkan Rp. 25.000.- Teh Ani juga menjadi admin dan menulis di SEREMPAK (portal milik perempuan Indonesia) dibawah naungan KPPPA (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) tanpa dibayar. Beliau lakukan dengan ihklas dan tulus.

Sebulan kemudian Teh Ani mendapatkan kabar dari Australian Aid dan dikontrak selama 3 bulan ke depan dengan fee yang sangat besar. Beliau berkesempatan mengunjungi beberapa daerah dan bisa mewawancarai wanita - wanita hebat di seluruh daerah.

Pada tahun 2016 beliau di undang ke Kuala Lumpur untuk menjadi pembicara dan acara ini di hadiri oleh wakil - wakil dari 10 negara. Di tahun 2017 ini kembali beliau di undang ke Singapore untuk meliput acara disana dan semua biaya ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Teh Ani Berta (profesional bloggers)


Di acara ini saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat sekali. Bagaimana membuat artikel menjadi aktual dari 2 sudut yang berbeda.


1. Hard News
  • Reporting The Event : Seorang blogger harus membuat laporan atau tulisan di setiap acara yang di hadiri.
  • 2 Days max : Laporan atau tulisan dibuat paling lambat 2 hari setelah acara.
  • 5 W 1 H : Di dalam tulisan mengandung unsur 5W 1H yaitu What, Who, When, Where, Why dan How.

2. Feature Stories
  • Naration on Pharagraph
  • Interview, Observation, Experience
  • Artistic

Untuk meningkatkan followers

Instagram : Bisa dengan foto dan caption yang menarik.
Twitter : Dengan seringnya melakukan livetwet.

Bagaimana dengan Blog?
Agar blog rame dikunjungi maka haruslah sering - sering blogwalking ke blog - blog yang lain.

Pesan Teh Ani : 
  • Sediakan notes dan pulpen untuk mencatat ulasan dari pemateri (narasumber)
  • Buatlah artikel yang bermanfaat, pasti brand akan mencari
  • Usahakan mengunakan foto milik sendiri
  • Link artikel bagikan ke media sosial (facebook, twitter, g+ dan lain - lain) 
  • Lalu mention ke pengundang acara
Nah itu semua yang saya dapatkan di acara The Power Of Content. Semoga ilmu yang saya dapatkan di acara tersebut, bisa menjadi bahan belajar untuk teman - teman semua. Semangat untuk lebih giat lagi belajar dan menulis ya.

7 komentar:

  1. Wahh aku ga sempat poto sama Mb Yona hehe. Itu bener banget bagikan link ke sosmed itu yang kadang lupa aku lakukan xixixi, jadi banyak belajar setelah acara ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kl aku pasti di share ke sosmed. Bair ada yg baca, ehhh tapi aku juga gabung di grup support BW sih jd aku share di grup juga.

      Hapus
  2. kalo ke acara begituan memang banyak manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bgt, krn baru kali ini semenjak punya blog ikut acara seperti ini.

      Hapus
  3. kerennn.. apalagi ada teh ani.. warbiasyakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh Ani suhu'y blogger, jadi semangat nulis.

      Hapus
  4. Wah seru banget semua narasumbernya keren-keren, semoga bisa ikut acara serupa nanti :)

    BalasHapus

Charity Visit PKBM Ginus Itaco Bersama DearBloggerNet

Assalamualaikum, "Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas, termasuk anak dari kelu...